Langsung ke konten utama

MATERI STATISTIK QUARTIL,DESIL DAN PRESENTIL

STATISTIK QUARTIL,DESIL,PRESENTIl



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER DIAN CIPTA CENDIKIA  KOTABUMI TAHUN 2018

A.    Pengertian Ukuran Lokasi (Location Measurement)
Menurut Andi (2007: 69), Ukuran lokasi (ukuran letak) dimaksudkan sebagai besaran atau ukuran untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas berdasarkan letak data dari sekumpulan data yang dipunyai. Ukuran ini sangat berarti dalam rangka melakukan analisis data.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diartikan bahwa ukuran lokasi (ukuran letak) merupakan ukuran untuk melihat dimana letak salah satu data dari sekumpulan banyak data yang ada. Andi juga di dalam bukunya (2007: 69) menjelaskan bahwa, yang termasuk ukuran lokasi (ukuran letak) antara lain adalah kuartil, desil dan persentil.

B.     Bagian-bagian Ukuran Lokasi
1.      Kuartil (Kuartiles)
Secara umum kuartil merupakan sekumpulan data yang dibagi menjadi empat bagian yang sama banyak, sesudah disusun menurut urutan nilainya, maka bilangan pembaginya disebut kuartil. Pengertian kuartil di atas juga didukung oleh Andi (2007: 80)  menyebutkan, nilai kuartil merupakan nilai dari sekumpulan data yang dibagi menjadi empat bagian yang sama, dan yang membagi data tersebut dinamakan kuartil. Selain itu juga terdapat pengertian lainnya yang menyebutkan kuartil merupakan nilai atau angka yang membagi data terkecil sampai data terbesar atau sebaliknya dari data terbesar sampai data terkecil, (Riduwan, 2009: 104).
Menurut Andi (2007: 80), menyebutkan Ada tiga buah kuartil, yakni kuatil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga yang masing-masing disingkat dengan K1, K2, dan K3. Pemberian nama ini dimulai dari nilai kuartil paling kecil. Untuk menentukan nilai kuartil dapat dilakukan dengan dua kategori yaitu, nilai kuartil yang belum dikelompokkan (data tunggal), dan juga data yang sudah dikelompokkan (data kelompok).
a.       Kuartil Data Tunggal
Menurut Andi (2007: 80), pada bukunya menyebutkan untuk menentukan nilai kuartil yang belum dikelompokkan (data tunggal) memiliki beberapa langkah-langkah, yaitu sebagai berikut:

1)       langkah pertama menyusun data, dengan mengurutkan data dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.
2)      Menentukan letak kuartil yang diminta dengan menggunakan rumus:

Keterangan:
Ki  = kuartil ke –
n  =  jumlah data
i   =  letak kuartil
Berikut ini adalah contoh dari Kuartil data tunggal dengan data perumpaan nilai statistik I sebanyak 10 mahasiswa: 60, 80, 90, 70, 85, 95, 75, 65, 50, 55. Tentukanlah nilai kuartil K1 dan K3.
Penyelesaian :
Langkah penyelesaian
1)      Mengurutkan data dari yang terendah (terkecil) sampai terbesar (tertinggi).
50, 55, 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90, 95
2)      Tentukan letak kuartil K1 dan K3 dengan penjelasan seperti di bawah ini:
a)      Menentukan K1,

Dari hasil di atas, maka data ke 2,75 berada diantara data 2 dan 3 sehingga menjadi seperti berikut :
K1 = data ke- 2 + 0,75 (data ke- 3 – data ke- 2)

K1 = 55 + 0,75 (60 – 55)
K1 = 55 + 3,75
K1 = 58,5
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisi K1 menunjukkan  nilai 58,5.

Dari hasil di atas, maka data ke 8,25 berada diantara data 8 dan 9 sehingga menjadi seperti berikut :
K3 = data ke- 8 + 0,25 (data ke- 9 – data ke- 8)
K3 = 85 + 0,25 (90 – 85)
K3 = 85 + 1,25
K3 = 86, 25
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisiK3  menunjukkan  nilai 86,25.
b.      Kuartil data berkelompok
Mencari kuartil dalam bentuk data berkelompok terlebih dahulu adanya tabel distribusi frekuensi. Hal ini juga disampaikan oleh Riduwan (2009: 106), menyebutkan bahwa mencari kuartil data kelompok haruslah dibuat susunan distribusi frekuensi terlebih dahulu, dalam hal ini semata-mata untuk mempermudah perhitungan. Selain itu Riduwan juga menerangkan  langkah-langkah pembuatan tabel distribusi frekuensi (2009: 106), yaitu:
1)   Menyusun data dari yang terkecil sampai yang terbesar
2)   Menghitung rentang (range)

3)   Jumlah kelas
4)   Dan panjang kelas intervalnya.
  Setelah tabel distribusi terbentuk, maka dilanjutkan dengan mencari nilai kuartil   dengan rumus yang diungkapkan Andi (2007: 81), seperti berikut:

               
                                 Keterangan:
b   = Tepi bawah interval kelas Ki ( b = batas bawah - 0,5)
p      = Panjang kelas interval
i      = Letak Ki
n      = Banyak data
F      = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Ki
f       = Frekuensi pada kelas Ki
Berikut ini adalah contoh dari kuartil data kelompok,buatlah tabel distribusi               frekuensi dan hitunglah kuartil  K1 dan K2 dari data di bawah ini:
29
43
43
48
49
51
56
60
60
60

61
63
63
63
65
66
67
67
68
70

70
70
70
71
71
71
72
72
72
73

73
74
74
74
74
75
75
76
76
77

78
79
79
80
80
80
80
81
81
81

82
82
83
83
83
84
85
86
86
87

88
88
88
88
89
90
90
90
91
91

91
92
92
93
93
93
95
97
98
98


Penyelesaian:
Adapun langkah-langkah dalam penyelesaian ialah sebagai berikut:
1)      Langkah pembuatan tabel distribusi frekuensi
a)      Menentukan range (rentang)
R = nilai max – nilai min
R = 98 -29 = 69
b)      Menentukan jumlah kelas
K = 1+Log n. 3,3
K = 1+Log 80. 3,3
K =  7,3
c)      Menentukan panjang kelas interval
 Tabel 1. Distribusi frekuensi nilai statistik I
Nilai Statistik
F
F kumulatif

 29-38
1
1

39-48
3
4

49-58
3
7

59-68
12
19

69-78
22
41

79-88
23
64

89-98
16
80

Jumlah
80
-

2) Langkah-langkah menentukan nilai K1 dan K 2
a) Berdasarkan tabel di atas, maka letak K1 Letak  dapat dihitung seperti di bawah ini :
(1)   Menentukan letak kelas interval
Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 20 berada pada kelas  69-78 atau terletak pada kelas interval ke- 5.
(2)   Menentukan batas bawah
Berdasarkan hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan angka-angka terebut  ke dalam rumus untuk mencari nilai K1
Jadi berdasarkan dari perhitungan di atas, maka nilai kuartil K1 yang didapat adalah: 68,95.
b)      Berdasarkan tabel di atas, maka letak K2 Letak  dapat dihitung seperti di bawah ini :
(1)   Menentukan letak kelas interval
Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 40 berada pada kelas 69-78atau terletak pada kelas interval ke- 5.
(1)   Menentukan batas bawah
Berdasarkan hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan angka-angka tersebut  ke dalam rumus untuk mencari nilai K2
Jadi berdasarkan dari perhitungan di atas, maka nilai kuartil K2 yang didapat adalah: 78.
2. Desil (Deciles) “ Ds”
Jika sekumpulan data dibagi menjadi 10 bagian yang sama, maka didapat sembilan pembagi dan tiap pembagi dinamakan desil. Karenanya ada sembilan buah desil, ialah D1, D2, …, D9. Hal ini diperkuat oleh Riduwan  (2009: 111), menyatakan desil (Ds) ialah nilai atau angka yang membagi data yang menjadi 10 bagian yang sama, setelah disusun dari data terkecil sampai data terbesar atau sebaliknya.
Berdasarkan  penjelasan di atas, maka data diartikan bahwa desil (Ds) merupakan angka yang  membagi data menjadi 10 bagian yang sama  setelah melalui penyusunan data terlebih dahulu. Data itu dapat disusun dimulai dari angka terkecil sampai dengan angka terbesar. Menurut Riduwan pada bukunya (2009: 111), menyebutkan bahwa cara mencari desil hampir sama dengan mencari kuartil hanya bedanya terletak pada pembagian saja.  Harga-harga desil  di wakili dengan: D1, D2, D3, . . . . . . . . . . D9. Untuk menentukan nilai desil dapat dilakukan dengan dua kategori yaitu, nilai desil yang belum dikelompokkan (data tunggal), dan juga data yang sudah dikelompokkan (data kelompok).
a. Desil data tunggal
Menurut Andi (2007: 82), pada bukunya menyebutkan untuk menentukan  nilai desil yang belum dikelompokkan (data tunggal)
1) langkah pertama menyusun data, dengan mengurutkan data dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.
2) Menentukan letak desil yang diminta dengan menggunakan rumus:
Keterangan:
Di  = desil ke –
n  =  jumlah data
i   =  urutan desil
Berikut ini adalah contoh dari desil data tunggal : dengan data perumpaan nilai statistik I sebanyak 10 mahasiswa: 60, 80, 90, 70, 85, 95, 75, 65, 70, 65. Tentukanlah nilai desil Ds3 dan Ds6.
Penyelesaian :
Langkah penyelesaian
1) Mengurutkan data dari yang terendah (terkecil) sampai terbesar (tertinggi).
60, 65, 65, 70, 70, 75, 80, 85, 90, 95
2) Tentukan letak desil Ds3 dan Ds6 dengan penjelasan seperti di bawah ini:
a) Menentukan Ds3,
 Dari hasil di atas, maka data ke 3,3 berada di antara data 3 dan 4 sehingga menjadi seperti berikut :
Ds3 = data ke- 3 + 0,30 (data ke- 4 – data ke- 3)
Ds3 = 65 + 0,30 (70 – 65)
Ds3 = 65 + 1,5
Ds3 = 66,5
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisi Ds3  menunjukkan  nilai 66,5.
b) Menentukan D6,
Dari hasil di atas, maka data ke- 6,6 berada di antara data 6 dan 7 sehingga menjadi seperti berikut :
D6 = data ke- 6 + 0,6 (data ke- 7 – data ke- 6)
D6 = 75 + 0,6 (80 – 75)
D6 = 75 + 3
D6 = 78
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisi D3 menunjukkan  nilai 78.
b. Desil data berkelompok
Mencari desil  dalam bentuk data berkelompok terlebih dahulu dengan adanya tabel distribusi frekuensi. Hal ini juga disampaikan oleh Riduwan (2009: 112), menyebutkan bahwa mencari desil data berkelompok haruslah dibuat susunan dristribusi frekuensi terlebih dahulu, dalam hal ini semata-mata untuk mempermudah perhitungan. Selain itu Riduwan juga menerangkan langkah-langkah pembuatan tabel distribusi frekuensi (2009: 112), yaitu:
1)   Menyusun data dari yang terkecil sampai yang terbesar
2)   Menghitung rentang (range)
3)   Jumlah kelas
4)   Dan panjang kelas intervalnya.
 Setelah tabel distribusi frekuensi terbentuk, maka dilanjutkan dengan mencari nilai desil dengan rumus yang diungkapkan Andi (2007: 83), seperti berikut:                                                   Keteragan:
b   = Tepi bawah interval kelas Dsi ( b = batas bawah - 0,5)
p   = Panjang kelas interval
i    = letak Dsi
n    = Banyak data
F    = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Dsi
f     = Frekuensi pada kelas Dsi
Berikut ini adalah contoh dari desil data berkelompok,buatlah tabel distribusi frekuensi dan hitunglah desil  Ds4 dan Ds7 dari data nilai statistik I di bawah ini:
29
43
43
48
49
51
56
60
60
60

61
63
63
63
65
66
67
67
68
70

70
70
70
71
71
71
72
72
72
73

73
74
74
74
74
75
75
76
76
77

78
79
79
80
80
80
80
81
81
81

82
82
83
83
83
84
85
86
86
87

88
88
88
88
89
90
90
90
91
91

91
92
92
93
93
93
95
97
98
98

Penyelesaian:
Adapun langkah-langkah dalam  penyelesaian ialah sebagai berikut:
1)      Langkah pembuatan tabel distribusi
a)      Menentukan range (rentang)
R = nilai max – nilai min
R = 98 - 29 = 69
b)       Menentukan jumlah kelas
K = 1+Log n. 3,3
K = 1+Log 80. 3,3
K =  7,3

c)      Menentukan panjang kelas interval
  Tabel 2. Distribusi frekuensi nilai  statistik
Nilai Statistik
F
F kumulatif

 29-38
1
1

39-48
3
4

49-58
3
7

59-68
12
19

69-78
22
41

79-88
23
64

89-98
16
80

Jumlah
80
-
 2)      Langkah-langkah menentukan nilai Ds4 dan Ds7
a)      Berdasarkan tabel di atas, maka letak D4 dapat dihitung seperti di bawah ini :
(1)   Menentukan letak kelas interval dari nilai D4
Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 32 berada pada kelas 69-78 atau  terletak pada kelas interval ke- 5.

(2)   Menentukan batas bawah
Berdasarkan hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan angka-angka tersebut  ke dalam rumus untuk mencari nilai Ds4
Jadi berdasarkan dari perhitungan di atas, maka nilai desil Ds4 yang didapat adalah: 74,4.
b)      Berdasarkan tabel di atas, maka letak Ds7 dapat dihitung seperti di bawah ini :
(1)   Menentukan letak kelas interval
 Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 56 berada pada kelas 79-88 atau terletak pada kelas interval ke- 6.
(2)   Menentukan batas bawah
Berdasarkan hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah  memasukkan angka-angka tersebut  ke dalam rumus untuk mencari nilai Ds7
Jadi berdasarkan dari perhitungan di atas, maka nilai desil  Ds7 yang didapat adalah: 85
3.      Persentil (Percentiles) “Ps”
Sekumpulan data yang dibagi menjadi 100 bagian yang sama, akan menghasilkan 99 pembagi berturut-turut yang dinamakan persentil pertama, persentil kedua, …, persentil ke- 99. Penjelasan di atas juga didukung oleh Riduwan (2009: 114), menyatakan persentil (Ps) ialah nilai yang membagi data menjadi 100 bagian yang sama. Setelah disusun dari angka terkecil sampai ke yang terbesar. Harga persentil ada 99 bagian yaitu Ps1, Ps2, Ps3, ......., Ps99. Penjelasan lain juga disampaikan oleh Andi (2007: 85), menyatakan nilai persentil merupakan nilai yang sekumpulan data yang dibagi menjadi seratus bagian yang sama, dan yang membagi data tersebut dinamakan persentil.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa persentil merupakan nilai dari sekumpulan data yang dibagi menjadi 100 bagian yang sama. Selain itu persentil memiliki 99 bagian, dimulai dari Ps1  sampai dengan Ps99. Menurut Andi (2007: 85), untuk menentukan nilai-nilai persentil tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu data yang belum dikelompokkan (data tunggal) dan data yang sudah dikelompokkan (data kelompok).
a.       Persentil data tunggal
Menurut Andi (2007: 82), pada bukunya menyebutkan untuk menentukan  nilai persentil yang belum dikelompokkan (data tunggal), memiliki beberapa langkah-langkah, yaitu:
1)       Langkah pertama menyusun data, dengan mengurutkan data dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.
2)      Menentukan letak persentil yang diminta dengan menggunakan rumus:
Keterangan:
Pi  = persentil ke –
n  =  jumlah data
i   =  urutan persentil
perhatikanlah contoh Berikut ini tentang data tunggal : dengan data perumpaan nilai statistik I sebanyak 12 mahasiswa: 50, 55, 60, 80, 90, 70, 85, 95, 75, 70, 70, 65. Tentukanlah nilai persentil Ps22 dan Ps73
Penyelesaian :
Langkah penyelesaian
1)      Mengurutkan data dari yang terendah (terkecil) sampai terbesar (tertinggi).
50, 55, 60, 65, 70, 70, 70, 75, 80, 85, 90, 95
2)      Tentukan letak persentil Ps22 dan Ps93 dengan penjelasan seperti di bawah ini:
a)      Menentukan Ps22,
Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 2,86 berada di antara data 2 dan 3 sehingga menjadi seperti berikut :
Ps22 = data ke- 2 + 0,86 (data ke- 3 – data ke- 2)
Ps22 = 55 + 0,86 (60 – 55)
Ps22 = 55 + 4,3
Ps22 = 59,3
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisi Ps22  menunjukkan  nilai 59,3.
b)      Menentukan D93,

Dari hasil di atas, maka data ke- 9,49 berada di antara data 9 dan 10 sehingga menjadi seperti berikut :
Ps73 = data ke- 9 + 0,49 (data ke- 10 – data ke- 9)
Ps73 = 80 + 0,49 (85 – 80)
Ps73 = 80 + 2,45
Ps73 = 82,45
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka posisi Ps73 menunjukkan  nilai 82,45.
b.      Persentil data berkelompok
Mencari persentil dalam bentuk data berkelompok terlebih dahulu dengan adanya tabel distribusi frekuensi. Hal ini juga disampaikan oleh Riduwan (2009: 116), menyebutkan bahwa mencari persentil data berkelompok haruslah dibuat susunan dristribusi frekuensi terlebih dahulu, dalam hal ini semata-mata untuk mempermudah perhitungan. Selain itu Riduwan juga menerangkan langkah-langkah pembuatan tabel distribusi frekuensi (2009: 116), yaitu:
1)   Menyusun data dari yang terkecil sampai yang terbesar
2)   Menghitung rentang (range)
3)   Jumlah kelas
4)   Dan panjang kelas intervalnya.
 Setelah tabel distribusi terbentuk, maka dilanjutkan dengan mencari nilai persetil dengan rumus yang diungkapkan Andi (2007: 86), seperti berikut:
 
b      = Tepi bawah interval kelas Psi ( b = batas bawah - 0,5)
p      = Panjang kelas interval
i       = letak Psi
n      = Banyak data
F      = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Psi
f       = Frekuensi pada kelas Psi
Berikut ini adalah contoh dari persentil data berkelompok, buatlah tabel distribusi dan hitunglah persentil  Ps20 dari data nilai statistik I dibawah ini:



29
43
43
48
49
51
56
60
60
60

61
63
63
63
65
66
67
67
68
70

70
70
70
71
71
71
72
72
72
73

73
74
74
74
74
75
75
76
76
77

78
79
79
80
80
80
80
81
81
81

82
82
83
83
83
84
85
86
86
87

88
88
88
88
89
90
90
90
91
91

91
92
92
93
93
93
95
97
98
98

 Penyelesaian:
Adapun langkah-langkah dalam penyelesaian ini, ialah sebagai berikut:
1)      Langkah pembuatan tabel distribusi
a)      Menentukan range (rentang)
R = nilai max – nilai min
R = 98 -29 = 69
b)      Menentukan jumlah kelas
K = 1+Log n. 3,3
K = 1+Log 80. 3,3
K =  7,3

c)      Menentukan panjang kelas interval
Tabel 3. Distribusi frekuensi nilai statistik I
Nilai Statistik
F
F kumulatif

 29-38
1
1

39-48
3
4

49-58
3
7

59-68
12
19

69-78
22
41

79-88
23
64

89-98
16
80

Jumlah
80
-
 2)      Langkah-langkah menentukan nilai Ps20
a)      Berdasarkan tabel di atas, maka letak Ps20 dapat dihitung seperti dibawah ini :
(1)   Menentukan letak kelas interval dari nilai Ps20
Dari hasil perhitungan di atas, maka data ke- 16 berada pada kelas 59-68 atau  terletak pada kelas interval ke- 4.
(2)   Menentukan batas bawah
Berdasarkan hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan angka-angka tersebut  ke dalam rumus untuk mencari nilai Ps20
Jadi berdasarkan dari perhitungan di atas, maka nilai dari persentil Ps20 yang didapat adalah:66.
BAB 1II
KESIMPULAN DAN SARAN
 A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diartikan bahwa ukuran lokasi (ukuran letak) merupakan ukuran untuk melihat dimana letak salah satu data dari sekumpulan banyak data yang ada, yang termasuk ukuran lokasi (ukuran letak) antara lain adalah kuartil, desil dan persentil.
1.      Kuartil, merupakan sekumpulan data yang dibagi menjadi empat bagian yang sama banyak, sesudah disusun menurut urutan nilainya, maka bilangan pembaginya.
2.      Desil, ialah nilai atau angka yang membagi data yang menjadi 10 bagian yang sama, setelah disusun dari data terkecil sampai data terbesar atau sebaliknya.
3.      Persentil ialah nilai yang membagi data menjadi 100 bagian yang sama. Setelah disusun dari angka terkecil sampai ke yang terbesar.
Pada ketiga bagian dari ukuran lokasi ini baik, kuatil, desil, dan persentil dapat digolongkan dan dapat diselesaikan melalui penggolongan pada data tunggal dan juga data kelompok.
B.     Saran
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, penulis ingin menyampaikan beberapa saran mengenai pembahasan ini, akan diuaraikan sebagai berikut:
1.    Dengan adanya pembahasan diharapkan bagi seluruh pembaca, terutama pada diri penulis sendiri hendaknya lebih mempelajari statistik terutama dalam pembahasan ukuran lokasi ataupun ukuran lokasi ini.
2.    Diharapkan pada semu mahasiswa yang akan membuat sebuah karya ilmiah diharapkan dengan aadanya pembahasan ini mampu mempelajari lagi tentang statistik itu sendiri. Dengan adanya pemahaman tentang statistik ini maka akan memudahkan dalam proses pengolahan data hasil penelitian yang telah dilakukan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI STATISTIK PEMBULATAN ANGKA

MAKALAH PEMBULATAN ANGKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER DIAN CIPTA CENDIKIA KOTABUMI DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL .......................................................................................... 1 DAFTAR ISI .......................................................................................... 2 KATA PENGANTAR ........................................................................................ 3 BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 4 BAB II PEMBAHASAN ................................................................................. 5 BAB III PENUTUP ........................................................................................... 8 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan in...

MATERI STATISTIK MEAN

Mean Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dian Cipta Cendikia Kotabumi PENGERTIAN MEAN Mean (Rata-Rta) Pengertian Mean adalah teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai rata-rata dari kelompok tersebut. Rata-Rata (mean) ini didapat dengan menjumlahkan data seluruh individu dalam kelompok itu, kemudian dibagi dengan jumlah individu yang ada pada kelompok tersebut. Rumus Cara Menghitung Mean (Nilai Rata-rata) Jika suatu data terdiri atas n datum, yaitu x1, x2, ... xn, mean dari data tersebut dirumuskan sebagai berikut. Rumus dan Contoh Soal Mean Data Tunggal Nilai delapan kali ulangan Matematika Dina adalah sebagai berikut. 8, 8, 6, 7, 6, 7, 9, 9 Tentukan mean dari data tersebut. Jawab: Jadi, mean dari data tersebut adalah 7,5 Rata-rata nilai ulangan Geografi 10 orang siswa adalah 7,0. Jika nilai Rino dimasukkan, nilai rata-rata tersebut berubah menjadi 6,8. Tentukan nilai ulangan Geografi Rino. Jawab:  Jadi, nilai ulangan ...